Jumat, 07 Juni 2013



Rektor IAIN SU Rombak Struktur Organisasi Besar-besaran
2013-05-31 13:54:18
Rektor Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara (IAIN SU) Prof.Dr.Nur Ahmad Fadhil Lubis,MA., melantik dan mengambil sumpah serta serah terima jabatan Wakil-wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas, Ketua Lembaga, Kepala-kepala Pusat, Koperasi serta Pejabat Esselon III dan Esselon IV di Kampus II IAIN SU, Jalan Williem Iskandar Medan Estate, Jumat(24/5).
Dalam arahannya Prof.Fadhil mengatakan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat dilingkungan IAIN SU pada saat ini merupakan yang terbesar dalam sejarah IAIN SU karena terjadi perombakan besar-besaran pada struktural organisasi IAIN SU sesuai dengan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 14 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja (Ortaker) IAIN SU.
"Ortaker baru ini merupakan bagian dari pengembangan IAIN SU, jadi ada beberapa perubahan termasuk perubahan nama-nama fakultas, perubahan struktur organisasi dan sebagainya. Perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan merubah pola pikir serta wawasan kita semua,"paparnya.
Dengan Ortaker baru ini Prof.Fadhil mengajak seluruh jajarannya untuk terus mengembangkan kerjasama (networking) dengan semua pihak dan mitra kerja baik dalam maupun luar negeri.
Diakhir arahannya Rektor mengucapkan terima kasih atas pengabdian diri dan segala kontribusi kemampuan untuk melaksanakan tugas untuk pengembangan dan kemajuan IAIN SU.
Pejabat yang dilantik
Adapun nama-nama pejabat IAIN SU yang dilantik yaitu Prof.Dr.Hasan Asari,MA.(Wakil Rektor-I), Prof.Dr.Dja'far Siddik,MA.(Wakil Rektor-II), Prof.Dr.Lahmuddin Lubis,M.Ed.(Wakil Rektor-III), Dr.Abdullah,M.Si.(Dekan Fak.Dakwah dan Komunikasi IAIN SU), Drs.Sahdin Hsb,M.Ag.(Wakil Dekan-I Fak.Dakwah dan Komunikasi IAIN SU), Drs.Al-Asya'ari,MM. (Wakil Dekan-II Fak.Dakwah dan Komunikasi IAIN SU), Drs.Abdurrahman,M.Pd. (Wakil Dekan-III Fak.Dakwah dan Komunikasi IAIN SU).
Untuk Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN SU Prof.Dr.Syafaruddin,M.Pd (Dekan), Dr.Mardianto,M.Pd (Wakil Dekan-I), Dra.Rahmaini,M.Pd (Wakil Dekan-II), Drs.Amiruddin Siahaan,M.Pd(Wakil Dekan-III).
Untuk Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN SU Dr.Saidurrahman,M.Ag (Dekan), Dr.Azhari Akmal Tarigan,M.Ag (Wakil Dekan-I), Dr.H.Muhammad Amar Adly,MA (Wakil Dekan-II), Dr.Muhammad Yafiz,M.Ag(Wakil Dekan-III). Untuk Fakultas Ushuluddin IAIN SU Dr.H.Muhammad Sofyan,MA.(Wakil Dekan-I), Adenan,MA.(Wakil Dekan-II), Drs.Kamaluddin,MA.(Wakil Dekan-III).
Untuk pejabat Esselon III dan Esselon IV yang dilantik Drs.Hambali Adlan,MM(Kabag.Kerjasama dan Kelembagaan IAIN SU), Noval,SE.(Kabag TU Fak.Tarbiyah dan Keguruan), Dra.Zainarti,MM.(Kabag TU Fak.Ushuluddin), Harmansyah,SE,MA.(Kabag Keuangan dan Akuntansi Biro AUAK), Drs.Syahruddin Siregar,MA.(Kabag Perencanaan Biro AUAK), Asnawi,S.Ag.(Kabag.Organisasi,Kepegawaian dan Hukum Biro AUAK), Drs.Makmun Suaidi Harahap(Kabag.Umum Biro AUAK), Lies Utami Efni Syafitri,SE,MM.(Kabag TU Fak.Dakwah dan Komunikasi), Drs.Syihabuddin(Kabag.TU Fak.Syariah dan Ekonomi Islam).
Asniwati,SH(Kasubbag Hukum pada bagian Organisasi, Kepegawaian dan Hukum Biro AUAK) , Purwanto,SE(Kasubbag Data dan Informasi), Yunni Salma,S.Ag,MM(Kasubbag TU dan Kerasipan pada Bagian Umum Biro), Drs.Abdullah(Kasubbag TU pada LP2M), Abdul Jousep Sitepu,S.Ag(Kasubbag Dokumentasi,Publikasi dan kehumasan pada Bagian Umum Biro), Arginta Muhammad,S.Ag(Kasubbag Adm.Umum Fak.Ushuluddin), Helmi Yusuf,SE(Kasubbag TU pada bagian LPM), Ahmad Muaz,SE,MM.(Kasubbag Kerjasama pada Bagian Kerjasama dan Kelembagaan), Abdul Basid Lubis,S.Pd.I,M.Pd(Kasubbag Penyusun, Evaluasi dan Pelaporan Program dan Anggaran pada Perencanaan Biro AUAK), Ilyas Gompar Hrhp,S.Pd.I,M.Pd(Kasubbag BMN pada Bagian Umum Biro).
Ismail,S.Ag(Kasubbag Akademik,Kemahasiswaan dan Alumni Fak.Ilmu Tarbiyah dan Keguruan), Drs.Khoiruddin,MA(Kasubbag Adm Umum pada Fak.Ilmu Tarbiyah dan Keguruan), Hj.Khalida Jalil,SH(kasubbag Perencanaan,Akuntansi dan Keuangan Fak.Ilmu Tarbiyah dan Keguruan), Hafni Hafsah,MA(Kasubbag Perencanaan,Akuntansi dan Keuangan pada Fak.Dakwah dan Komunikasi), Suleha Piliang,S.Ag(Kasubbag Akademik,Kemahasiswaan dan Alumni Fak.Dakwah dan Komunikasi), Dra.Fitri Fatimah,MM(Kasubbag Adm Akademik pada Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Biro AUAK), Mizanuddin,S.Ag,MA(Kasubbag Adm Umum Fak.Dakwah dan Komunikasi), Kidam Siregar,S.Ag(Kasubbag Akademik,Kemahasiswaan dan Alumni Fak.Ushuluddin), Darus Amin,S.Ag,MM(Kasubbag Perencanaan,Akuntansi dan Keuangan Fak.Ushuluddin), Dra.Sarimamin Harahap(Kasubbag Perencanaan,Akuntansi, dan Keuangan Fak.Syariah dan Ekonomi Islam), Khalid AR,S.Ag,MM(Kasubbag Adm Umum Fak.Syariah dan Ekonomi Islam), Masrah,S.Ag,MM(Kasubbag Akademik,Kemahasiswaan dan Alumni Fak.Syariah dan ekonomi Islam).
Marudut Hrp,SE(Kasubbag Rumah Tangga Bagian Umum Biro), Sardinan Batubara,S.Ag(Kasubbag Pelaksana Anggaran dan Pembendaharaan Bagian Keuangan dan Akuntansi Biro), Cahaya Br Ginting,S.Pd.I(Kasubbag Verifikasi,Akuntansi dan SIMAK BMN dan Pelaporan Keuangan Bagian Keuangan dan Akuntansi Biro), Subhan Dawawi,S.Pd.I,MM(Kasubbag Kepegawaian bagian Organisasi,Kepegawaian dan Hukum Biro), Yusman,SE(Kasubbag Ortala bagian Organisasi Kepegawaian dan Hukum Biro), M.Yusuf,SE(Kasubbag Data dan Sistem Informasi Akademik pada bagian Akademik dan Kemahasiswaan Biro), Kamaruddin,SE(Kasubbag Kemahasiswaan dan Alumni pada Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Biro), Rafnitul Hasanah Harahap,S.Ag,MA(Kasubbag Pengembangan Lembaga pada Bagian Kerjasama dan Kelembagaan IAIN SU), Drs.Joko Purwanto(Kasubbag Pembinaan PTAIS pada bagian Kerjasama dan Kelembagaan IAIN SU).
Prof.Dr.H.Abbas Pulungan(Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat(LP2M), Drs.Parluhutan Siregar,M.Ag(Sekretaris LP2M), Drs.Rustam,MA(Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan pada LP2M), Dr.H.Hasan Mansur Nst,MA(Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat pada LP2M), Dr.Nurasiah,MA(Kepala Pusat Studi Gender dan Anak pada LP2M), Dr.Al Rasyidin,M.Ag(Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM), Dr.Masganti Sit,M.Ag(Sekretaris LPM), Waizul Qarni,MA(Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu pada LPM), Dr.Abdillah,M.Pd(Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu pada LPM), Dra.Retno Sayekti,M.LIS(Kepala Pusat Perpustakaan), Muhammad Irwan Padli Nst,ST,MM(Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data), Dr.Phil H.Zainul Fuad,MA(Kepala Pusat Pengembangan Bahasa), Dr.Harun Al-Rasyid,MA(Kepala Pusat Ma'had Al-Jami'ah), Muhammad Ramadhan,S.Ag,MA(Kepala Pusat Pengembangan Bisnis).
Susunan Pengurus KPRI IAIN SU Periode 2013-2016, Prof.Dr.H.Ahmad Qorib,MA(Ketua Badan Pengawas), Prof.Dr.H.Fachruddin,MA(Anggota Badan Pengawas), Drs.Sahdin Hasibuan,M.Ag(Anggota Badan Pengawas), Rajin Sitepu,SH,M.Hum(Ketua-I), Drs.Efi Brata Madya,M.Si(Ketua-II), Drs.Asy'ari,MM(Sekretaris-I), Suheri Harahap,S.Ag,M.Si(Sekretaris-II), Dra.Hj.Rusmini,MA(Bendahara).
 



FAKULTAS ILMU TARBIYAH dan KEGURUAN
 

Pimpinan Fakultas:

Dekan: Prof.Dr.Syafaruddin, M.Pd.

Wakil Dekan I: Dr. Mardianto

Wakil Dekan II: Dra. Rahmaini, M.Pd.

Wakil Dekan III: Drs. Amiruddin Siahaan, M.Pd.

 

[*]Unit Penjamin Mutu Pendidikan Fakultas Tarbiyah(UPM-FT)http://www.upmtarbiyahiainsu.com

a. Tujuan
Terbentuknya sarjana muslim yang berakhlak mulia dan menguasai pengetahuan keagamaan Islam serta cabang-cabang pengetahuan dalam bidang kependidikan Islam dan keguruan.
b. Fungsi
1) pelaksana dan pengembang pendidikan dan pengajaran dalam bidang ketarbiyahan.
2) pembina tenaga ahli dalam pendidikan agama, bahasa Arab, kependidikan agama, bahasa Inggris dan matematika.
3) pelaksana penelitian untuk pendidikan agama, kependidikan agama, bahasa Arab, bahasa Inggris, dan matematika serta menganalisis perkembangan dan pemecahan masalah pendidikan agama dan bahasa Arab serta keguruan yang berkembang sesuai kemajuan IPTEK.
4) pelaku pengabdian masyarakat dalam bidang ketarbiyahan.
c. Program Studi 
Fakultas ini mempunyai 7 (tujuh) Program Studi dengan rincian dan tujuan sebagai berikut:
1) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI).
Tujuan: Terbentuknya sarjana muslim yang ahli dalam pengetahuan keagamaan Islam, dan menguasai metodologi pendidikan dan pengajaran agama Islam.
2) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA).
Tujuan: Terbentuknya sarjana muslim yang ahli dalam ilmu-ilmu bahasa Arab dan menguasai metodologi pendidikan dan pengajaran bahasa Arab.
3) Program Studi Kependidikan Islam (KI).
Tujuan: Terbentuknya sarjana muslim yang profesional dalam pengkajian ilmu-ilmu kependidikan Islam serta mampu memecahkan permasalahan pendidikan Islam.
Program Studi Kependidikan Islam (KI) memiliki 2 (dua) konsentrasi yaitu:
a) Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Tujuannya adalah terbentuknya sarjana muslim yang memiliki keahlian dalam bidang kependidikan Islam khususnya bidang bimbingan dan konseling dengan kompetensi standar.
b) Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Tujuannya adalah terbentuknya sarjana muslim yang memiliki kemampuan manajerial dalam mengelola dan menata pendidikan Islam, sekolah, madrasah dan pesantren secara efektif dan efisien serta terbentuknya sarjana yang dapat mengubah paradigma sistem pengelolaan pendidikan dan hirarki birokrasi menuju demokratisasi.
4) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI).
Tujuan: Terbentuknya sarjana muslim yang menguasai ilmu-ilmu bahasa Inggris serta metodologi pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris.
5) Program Studi Pendidikan Matematika (PMM).
Tujuan: Terbentuknya sarjana muslim yang menguasai ilmu-ilmu matematika serta metodologi pendidikan dan pengajaran matematika.
6) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Tujuan: Menghasilkan guru profesional di lembaga pendidikan tingkat Madrasah Ibtidaiyah.
d. Lapangan Pengabdian Formal Para Alumni
1) Calon dosen pada Perguruan Tinggi Agama/Umum dan guru pada sekolah-sekolah Menengah dan Dasar.
2) Pimpinan lembaga-lembaga pendidikan terutama dalam lingkungan Kementerian Agama.
3) Pejabat pada Kementerian Agama dan Perguruan Tinggi lainnya.
4) Pembina mental dan pembimbing serta penyuluh pendidikan agama Islam pada instansi dan lembaga-lembaga kemasyarakatan yang membutuhkannya.



Jadwal SPMB-PTAIN (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri) Tahun 2013
2013-04-08 01:25:33
SPMB-PTAIN adalah seleksi masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UIN / IAIN / STAIN) melalui ujian tertulis yang dilakukan serentak secara nasional bersama 53 PTAIN di Indonesia di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Pendaftaran dimulai dari tanggal 22 Maret 2013 s/d 15 Juni 2013 secara online pada: www.spmb-ptain.ac.idKehadiran SPMB-PTAIN diharapkan bisa menjadi media seleksi calon mahasiswa baru yang berkualitas secara akademis sehingga mampu mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di PTAIN dan sebagai usaha perluasan akses pendidikan bagi manusia Indonesia serta dalam rangka menciptakan sistem penerimaan mahasiswa baru PTAIN yang valid dan handal sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan yuridis.
Berdasarkan hasil rapat Paguyuban Pimpinan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Malang pada tanggal 15 Oktober 2012, para Rektor UIN/IAIN dan Ketua STAIN di bawah koordinasi Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama menyepakati seleksi calon mahasiswa baru secara bersama dalam bentuk Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN). SPMB-PTAIN 2013 merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SPMB-PTAIN 2013 dilaksanakan melalui (1) jalur prestasi akademik, dan (2) jalur ujian tertulis. PTAIN menjaring paling sedikit 80% mahasiswa baru pada setiap program studi melalui SPMB-PTAIN dengan rincian 50% melalui jalur prestasi akademik dan 30% melalui jalur ujian tertulis. Dengan demikian, PTAIN menjaring paling banyak 20% mahasiswa baru pada setiap program studi melalui jalur penerimaan mahasiswa baru secara mandiri atau bentuk lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar